Jumat, 09 Mei 2014

Tingkatan Manajer

Secara umum manajer adalah setiap orang yang mempunyai tanggung jawaba atas bawahan dan sumber daya organisasi lainnya. Dalam bab ini akan di bahas bermacam- macam tipe manajer yang ada.
            
Manajer dapat diklasifikasikan dengan 2 cara yaitu :
1.      1. Dengan tingkatan mereka.
2.      2. Dengan tanggung jawab mereka terhadap organisasi.

Tingkatan Manajer:
Dengan tingkatan manajer akan membagi manajer menjadi 3 bagian:
1.      
      Manajer lini pertama( first line manager) adalah tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional.

            Manajer menengah (middle manager) adalah manajer yang membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional.
3.     
      Manajer puncak(top manager) adalah manajer tertinggi dari suatu organisasi yang terdiri dari sekelompok keciul eksekutif. Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi.
      
      Jika berdasarkan gambar dapat kita bagi seperti berikut:

Perbedaan tingkatan manajemen juga membedakan fungsi fungsi manajemen yang dilakukan. Ada 2 fungsi utama manajemen yaitu manajemen administratif dan manajemen operatif.

Manajemen administratif lebih berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan, penyusunan kepegawaian dan pengawasan kegiatan kegiatan yang terkoordinasi untuk mencapai tujuan.

Manajemen operatif lebih mencakup kegiatan memotivasi, supervisi dan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasil yang efektif.

Semakin rendah tingkatan suatu manajer, para manajer akan banyak melaksanakan fungsi operatif. Dapat di gambarkan sebagi berikut:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar