Secara umum manajer adalah setiap orang yang
mempunyai tanggung jawaba atas bawahan dan sumber daya organisasi lainnya.
Dalam bab ini akan di bahas bermacam- macam tipe manajer yang ada.
Manajer
dapat diklasifikasikan dengan 2 cara yaitu :
1. 1. Dengan tingkatan mereka.
2. 2. Dengan tanggung jawab mereka
terhadap organisasi.
Tingkatan
Manajer:
Dengan tingkatan manajer akan membagi manajer
menjadi 3 bagian:
1.
Manajer lini pertama( first line
manager) adalah tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin
dan mengawasi tenaga-tenaga operasional.
Manajer menengah (middle
manager) adalah manajer yang membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para
manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional.
3.
Manajer puncak(top manager)
adalah manajer tertinggi dari suatu organisasi yang terdiri dari sekelompok
keciul eksekutif. Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen
organisasi.
Jika
berdasarkan gambar dapat kita bagi seperti berikut:
Perbedaan
tingkatan manajemen juga membedakan fungsi fungsi manajemen yang dilakukan. Ada
2 fungsi utama manajemen yaitu manajemen administratif dan manajemen operatif.
Manajemen
administratif lebih berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan,
penyusunan kepegawaian dan pengawasan kegiatan kegiatan yang terkoordinasi
untuk mencapai tujuan.
Manajemen
operatif lebih mencakup kegiatan memotivasi, supervisi dan komunikasi dengan
para karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasil yang efektif.
Semakin
rendah tingkatan suatu manajer, para manajer akan banyak melaksanakan fungsi
operatif. Dapat di gambarkan sebagi berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar